Tips Mudah Memindahkan Phonebook ke Ponsel Lain

Backup Phonebook Tips Mudah Memindahkan Phonebook ke Ponsel LainMengganti ponsel buat sebagian orang bukan perkara mudah. Alasannya, phonebook yang tertanam di memori lebih berharga daripada ponselnya. Tak jarang alasan mengganti ponsel pun karena sudah penuhnya memori phonebook dan ingin ponsel yang bisa menampung lebih banyak lagi.

Di daftar spesifikasi beberapa ponsel memang ada keterangan mengenai kapasitas penyimpanan maksimum data phonebook-nya. Misalnya ada yang lima ratus sampai seribu buah. Ini berarti memori tersebut menganut sistem shared memori.


Artinya kapasitasnya sudah dipartisi sejak awal. Ada juga yang kapasitas phonebooknya bisa disesuaikan dengan sisa memori yang berarti menggunakan dynamic memori.

Sekarang bagaimana caranya agar phonebook di ponsel lama bisa dipindahkan dengan mudah? Bagaimana jika ponsel tersebut berbeda merek dan tipe? Yang jelas, kita bisa menggunakan beberapa cara memindahkan phonebook dengan mudah.  Tapi semuanya juga tergantung fitur pendukung di ponselnya. Terutama disisi konektivitasnya.

1.Cara tradisional

Cara yang paling mudah dan berlaku untuk sebagian besar ponsel adalah dengan memindahkan phonebook (yang ada di memori ponsel) ke memori kartu SIM. Tapi Anda mesti ingat, kapasitas maksimal kartu SIM biasanya hanya 100 hingga 250 buah. Jadi jika datanya lebih dari seribu buah maka akan merepotkan.

  • Untuk yang mau mencoba caranya yakni;
    Masuk ke “Contacts”, tekan “Option” (pilihan), pilih “Mark All” (tandai Semua)
  • Tekan “Option” (pilihan) lagi, pilih “Copy” kemudian pilih “Copy to SIM directory”.  Setelah selesai, silahkan pasang kartu SIM tadi ke ponsel yang baru.

2. Via MS Outlook

MS Outlook adalah aplikasi Personal Information Manager milik Miscosoft Windows yang salah-satu fungsinya adalah untuk menyimpan kontak. Mungkin karena Microsoft Windows memiliki pangsa pasar sistem operasi PC terbesar di dunia, dijadikan alasan para pabrikan ponsel menanakan fungsi sinkronisasi yang kompatibel dengan MS Outlook.

Jadi, ketika ponsel Anda sudah disinkronkan datanya ke MS Outlook maka dengan mudah Anda juga bisa memindahkan data tersebut ke ponsel lain. Ini contoh cara memidahkan data phonebook Nokia ke Blackberry.

  • Instal Nokia PC Suite dari CD paket pembelian. Atau jika tidak ada silahkan download secara gratis di www.nokia.co.id. Aktifkan menu “Synchronise” di Nokia PC Suite”,  kemudian pilih “Setting”.
  • Berikutnya akan muncul jendela “Select PC Application”,  pilih “Microsoft Outlook”, kemudian klik “Next”.
  • Sekarang masuk ke “Outlook profile selection”,  klik “Select folder” dan tentukan masing-masing folder sesuai dengan tempan penyimpan datanya. Salah satu contoh Contact maka pilih di folder “Contact”. Setelah selesai klik “ Ok “

Sampai di sini proses setting secara umum sudah selesai. Namun jika Anda menginginkan settingan lanjutan (Advance) semisal untuk pembaruan data, misalnya apakah data ponsel yang memperbaharui Microsoft Outlook atau sebaliknya. Atau mungkin Anda meginginkan keduanya saling melengkapi. Tinggal pilih Update in both direction, Only-update mobile phone to Microsoft Outlook atau “Only-update Microsoft Outlook data to the mobile phone.

Di settingan “Advance “ juga terdapat pilihan aktivasi menu sinkronisasi secara manual atau otomatis. Sekarang data di ponsel Nokia sudah di copy di MS Outlook. Langkah selanjutnya, sinkronkan Blackberry Anda ke MS Oulook.

Apa yang Anda butuhkan:

  1. Software BlackBerry Desktop Manager. Download di http://na.blackberry.com/eng/services/desktop/. Kemudian instal di PC Anda.
  2. Kabel data untuk menghubungkan ponsel dengan komputer. Tiap BlackBerry dilengkapi dengan ini di pakeyt penjualan.

Langkah-langkahnya:

  • Aktifkan Software Blackberry Dekstop Manager. Masukkan password jika ada. Lalu pilih menu Synchronize. Pada menu synchronize ini, pilih atau centang synchronize organizer data, kemudian pilih option synchronization yang ada di sisi kiri.
  • Pada menu Synchronization Configuration, klik tombol Synchronization. Kemudian akan muncul Form untuk memilih data yang akan dipindahkan. Misalkan jika Anda akan mentransfer data Addres Book /phonebook maka tinggal dipilih/centang pilihan Address Book, setelah itu klik Ok.
  • Pilih software Microsoft Outlook, setelah itu klik tombol next.
  • Pilih tipe sinkronisasi, dalam hal ini sesuaikan dengan kebutuhan. Ada 3 pilihan, sinkronisasi data dari komputer, dari BlackBerry atau kombinasi keduanya. Setelah itu Klik next.
  • Selanjutnya di jendela konfirmasi, klik next. Kemudian klik FINISH.
  • Konfirmasikan sekali lagi proses apa lagi yang ingin disinkronisasi dan lakukan kembali proses di atas.
  • Jika sudah selesai klik Synchronize yang ada di kiri atas, lalu klik Synchronize kembali yang di halaman yang muncul. Klik Accept jika muncul notifikasi dan tunggu proses hingga selesai.

Jika proses selesai, Anda akan melihat phonebook outlook di BlackBerry Anda. Selamat Mencoba!

Kata kunci Pencarian dari Google:

fungsi sinkronisasi, cara pindah kontak nokia ke bb, cara memindahkan kontak nokia ke android, pindah phonebook, transfer kontak dari hp ke blackberry, kegunaan sinkron pada e63, kontak android hp nokia java, fungsi syncronisasi nokia e63, fungsi sinkronisasi data, pindahkan kontak hp java ke android
Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Powered by WordPress | Designed by: Premium Wordpress Theme, Thanks to Blog Tutorial