Provinsi Bali Sukses Mempertahankan Juara Nasional Kelulusan Terbaik UN Tingkat SMP

UN Siswa SMP Provinsi Bali Sukses Mempertahankan Juara Nasional Kelulusan Terbaik UN Tingkat SMPsiAGAnews – Jika sebelumnya, sukses mempertahankan tingkat kelulusan terbaik secara nasional pada Ujian Nasional (UN) tingkat SMA, Provinsi Bali kembali sukses mempertahankan juara tingkat nasional kelulusan terbaik UN tingkat SMP.

“Bali terbaik secara nasional. Kita sukses mempertahankan prestasi seperti tahun lalu,” kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Provinsi Bali, Ida Bagus Anom, Sabtu 4 Juni 2011.

Dia mengatakan, tingkat kelulusan di Bali mencapai 99,93 persen dari jumlah peserta yang mencapai 56.690. Dengan begitu, hanya 38 siswa saja yang tidak lulus mengikuti UN tahun ajaran 2010/2011 ini.

Menurut dia, 38 siswa yang tidak lulus tersebut tersebar di sekolah di beberapa provinsi, di antaranya 1 siswa di Kabupaten Klungkung, 2 siswa di Kabupaten Karangasem, 2 siswa di Kabupaten Badung dan 33 siswa di Kabupaten Buleleng. “Terbesar di Kabupaten Buleleng. Tingkat ketidaklulusan semata-mata lantaran ketidaksiapan siswa dalam mengikuti mata pelajaran yang diujikan,” kata dia.

Nilai tertinggi berdasarkan UN murni diperoleh dalam bidang studi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Matematika, dan Bahasa Inggris. Nilai tertinggi UN murni ketiga bidang studi itu adalah 10,00. Sedangkan, jika dilihat dari nilai akhir, nilai tertinggi diperoleh dari bidang studi Matematika, yakni 10,00.

Sementara itu, terkait kesuksesan Provinsi Bali meraih prestasi membanggakan di tingkat nasional, Anom mengatakan hal tersebut tak lepas dari dukungan pemerintah, sekolah, orang tua murid dan siswa sendiri.

Pemerintah Bali, tambah dia, sangat menyiapkan betul UN SMP tahun ini dengan menggelontor dana Rp15 miliar untuk persiapan seperti ujian try out dan lain sebagainya. Jumlah itu, katanya, belum ditambah dengan dana yang digelontor oleh kabupaten/kota. “Jika dijumlah dengan dana yang digelontor kabupaten/kota, jumlahnya lebih dari itu. Ini sebagai bentuk kepedulian kami terhadap persiapan UN. Bersyukur Bali memperoleh hasil terbaik,” katanya.

Sementara itu, pascapengumuman kelulusan yang dipusatkan di sekolah masing-masing, tak nampak kegembiraan berlebihan yang dilakukan oleh siswa. Sebagian di antara mereka, memilih untuk pulang ke rumah menyampaikan kabar gembira kelulusan mereka kepada orang tua mereka. Sebagian lainnya lebih memilih melakukan persembahyangan di sekolah masing-masing sebagai bentuk wujud syukur. “Setelah sembahyang, mau langsung pulang untuk menyampaikan kabar kelulusan ini kepada orang tua,” sebut Diah Indira Maha Putri, siswa SMPN 1 Kuta yang memperoleh ranking 3 tertinggi berdasarkan Nilai Akhir (NA).

Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Powered by WordPress | Designed by: Premium Wordpress Theme, Thanks to Blog Tutorial