Inilah Tips Amankan “Smartphone Android”

Tips Amankan Smartphone Android Inilah Tips Amankan “Smartphone Android”Pemilik smartphone Android disaat libur kerja/sekolah (disaat ada waktu luang), biasanya menghabiskan waktunya dengan men-download aplikasi dan menjalankannya dari beragam tempat yang dilalui. Tapi tahukah kita bahwa saat itu lah smartphone Android Anda justru terancam disusupi virus. Anda bisa saja asyik bermain games yang diunduh dari layanan berbagi di internet, lalu tiba-tiba Anda akan mendapatkan link menuju situs yang siap ‘membuat hang’ ponsel Anda.

Ini bukannya menakut-nakuti, setidaknya Trend Micro, mencatat di pertengahan tahun ini saja terdeteksi malware Anroid berupa 3  instaler palsu untuk update aplikasi, yakni Androidos_ADSMS.A, Androidos_Dordrael.l, dan Androidos_crusewin.A. Yang terbaru tentu saja ditemukannya malware android, bernama Droid Dream Light (DDLight), yang telah memakan korban 25 aplikasi terinfeksi serta antara 30.000 hingga 120.000 pengguna percaya mereka telah dipengaruhi.

Nah, buat meminimalisir hal tersebut, dengan mengamankan smartphone Anda dari hal-hal yang paling sederhana. Team dari Trend Micro, telah merumuskannya untuk pengguna, terutama agar Anda bisa nyaman dan aman menjalankan aplikasi.

1.    Gunakan standar fitur kemananan yang ada di dalam smartphone Android Anda.

Masuklah ke dalam menu > Setting, lalu Pilih > Location & Security > masukkan data seperti no PIN dan Password untuk mengunci smartphone Anda. Hal ini sangat bermanfaat untuk mengamankan data-data pribadi saat ponsel Anda hilang secara fisik

2.    Jangan Pilih setting auto connet untuk WiFi.

Masuklah ke dalam menu > Wireless & Network, lalu pilih > WiFi Setting, nonaktifkan fungsi auto connect untuk WiFi. Banyak WiFi yang tanpa Anda sadari ketika memanfaatkan fasilitas ini memungkinkan data Anda disalin, jadi baiknya Anda berhati-hati membuka laman seperti internet banking saat menggunakan WiFi

3.    Yakinkan Anda tidak meng-install  aplikasi selain dari Android Market.

Saran terbaiknya adalah menginstal aplikasi yang ada dalam android market, dengan demikian terhindar dari Trojan android. Baru-baru Trojan android ditemukan dari sebuah penyedia layanan aplikasi pihak ketiga di Cina.

4.    Hati-Hati Saat Sebuah aplikasi meminta ijin Anda untuk membuka akses data pribadi.
Pada beberapa aplikasi yang diinstal biasanya meminta ijin Anda untuk membuka beberapa data, tapi yakinkan Anda tidak memberi ijin akses untuk masuk ke dalam data pribadi seperti list kontak telepon

5.    Gunakan aplikasi keamanan khusus smartphone Android.
Hati-hati dalam menginstal dan membuka link tertentu adalah cara sederhana, tapi lebih dari itu disarankan Anda juga menginstal aplikasi keamanan untuk smartphone. Pada Trend Micro Mobile Security for Android, bukan saja mengamankan pasword Anda,tapi juga mengamankan semua data transaksi mobile banking Anda. Jadi perjalanan mudik pun nyaman dan tenang tanpa khawatir lagi apakah data Anda sudah aman atau belum.

 

Sumber :

  • http://www.trendmicro.com.tw/spn/index.asp
  • SelularOnline

Kata kunci Pencarian dari Google:

aplikasi penguat sinyal wifi android
Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Powered by WordPress | Designed by: Premium Wordpress Theme, Thanks to Blog Tutorial