Hasil UN Tingkat SMU/SMK di Bali, 20 Siswa Dinyatakan Tidak Lulus

tidak lulus UN Hasil UN Tingkat SMU/SMK di Bali, 20 Siswa Dinyatakan Tidak LulussiAGAnews – Hasil Ujian Nasional (UN) tingkat SMU/SMK di Bali baru diumumkan secara resmi pada Senin 16 Mei 2011 mendatang oleh Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga (Disdikpora). Namun, saat ini, hasilnya sudah diketahui.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olah Raga Provinsi Bali, Ida Bagus Anom, di Bali hanya terdapat 20 siswa yang dinyatakan tidak lulus UN. Ida Bagus mengatakan, ke-20 siswa itu terdiri dari sepuluh siswa SMU dan sisanya berasal dari SMK.

Anom mengatakan, 20 orang siswa yang tidak lulus UN itu secara otomatis tak bisa menamatkan jenjang pendidikan formalnya pada tahun ini. Tak ada UN ulang seperti tahun 2009/2010 untuk mereka.

Namun, masih ada kesempatan bagi ke-20 siswa itu untuk lulus. Mereka bisa mengulang pelajaran selama setahun penuh sebelum mengikuti UN lagi tahun depan. Atau, jika tak mau mengulang, mereka bisa mnegikuti Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan (UNPK) Paket C yang ijazahnya diakui setara dengan ijazah SMA/SMK.

”Tahun ini, UN ulangan untuk peserta UN yang tidak lulus pada UN utama memang tidak diberlakukan lagi,” kata mantan Kepala SMAN 1 Denpasar ini, saat dihubungi Sabtu 14 Mei 2011.

Meskipun hanya 20 siswa yang tidak lulus, Anom mengakui persentase kelulusan peserta UN SMA/MA dan SMK di Bali tahun ini menurun jika dibandingkan tahun sebelumnya.

Tahun lalu, peserta UN tingkat SMU tercatat 42.572 peserta dengan 20 siswa tak lulus. Berarti siswa yang tidak lulus sekitar 0,04 persen. Sedangkan, tahun lalu tercatat diikuti oleh 40.980 dengan 6 siswa tidak lulus. Tingkat ketidaklulusan tahun lalu berarti hanya 0,01 persen.

“Meningkatnya persentase siswa yang tidak lulus ini murni karena tidak diberlakukannya lagi UN ulangan bagi peserta UN yang tidak lulus UN utama,” kata Anom.

Sedangkan, jika dilihat dari distribusi kelulusan per kabupaten/kota, tercatat enam kabupaten yakni Kabupaten Gianyar, Bangli, Klungkung, Karangasem, Jembrana dan Badung sukses mencatat persentase kelulusan siswa 100 persen. Sedangkan Kota Denpasar gagal meluluskan satu siswa, Buleleng dua siswa, dan Tabanan tidak meluluskan tujuh siswa.

Kata kunci Pencarian dari Google:

hasil UN sma di bali
Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Powered by WordPress | Designed by: Premium Wordpress Theme, Thanks to Blog Tutorial